Aristina Halawa; " />
Record Detail Back

XML

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK (GADGET) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH


Penggunaan media elektronik (gadget) pada anak usia sekolah dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya sehingga anak menjadi individualisme. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pagesangan Surabaya, dengan jumlah responden 73 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner penggunaan gadget dan perkembangan sosial anak usia sekolah. Dari 73 responden didapatkan sebanyak 63 responden (86,3%) menggunakan gadget pada tingkat sedang dan sebanyak 64 responden (87,7%) memiliki perkembangan sosial yang baik. Hasil uji statistik dengan Spearman = p : 0,000 dengan nilai kemaknaan p < 0,005 yang yang berarti ada hubungan antara penggunaan media elektronik gadget dengan perkembangan sosial anak usia sekolah. Penggunaan gadget yang sesuai dan terkontrol oleh pihak sekolah dan orangtua dapat mempengaruhi perkembangan social anak menjadi baik. Untuk itu bagi orangtua diharapkan agar dapat meluangkan waktunya untuk mengontrol anak mereka saat menggunakan gadget dan bagi pihak sekolah diharapkan dapat memberikan stimulasi pada siswa dan siswi dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial di sekolah yang dapat mengembangkan sikap sosial anak.
Aristina Halawa - Personal Name
VOL 5 NO 2 (2016): JURNAL KEPERAWATAN
NONE
Text
Indonesia
STIKes William booth
2016
Surabaya
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Aristina Halawa. (2016).HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK (GADGET) DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from http://repository.stikeswilliambooth.ac.id/